Pandan Lumut, Batu Akik Warna Hijau Mempesona

Cara Merawat Akik Pandan - Batu pandan lumut adalah salah satu batu akik yang cukup banyak peminatnya, batu akik yang konon merupakan salah satu batu primadona orang betawi ini memiliki tingkat kekerasan yang lumayan, sekitar 7 skala mohc. Batu akik pandan memiliki beberapa jenis, Anda dapat melihatnya pada artikel kami sebelumnya tentang  jenis-jenis batu akik pandan berdasarkan motif serat

Dari sekian banyak batu akik pandan, batu pandan lumut merupakan batu pandan yang memiliki warna hijau menawan, seperti namanya, pandan lumut memiki corak khas hijau yang menyerupai warna lumut dengan kombinasi warna hitam. Ada juga yang memiliki warna hijau kekuningan. Warna khas pandan lumut juga sering disamakan dengan warna air pada sawah, yang hijau karena tercampur dengan warna tanaman serta lumut-lumut.

Secara sekilas motif atau corak pandan lumut hampir mirip dengan pandan oli, bedanya hanya pada warnanya saja, jika pandan oli memiliki warna hitam keabu-abuan, sementara pandan lumut berwarna hitam kehijauan, atau hijau kehitam-hitaman. Batu pandan lumut terbilang cukup langka, itu sebabnya banyak penggemar batu akik yang memburunya. 

Khasiat Batu Pandan Lumut

Ada beberapa kabar yang menyebutkan bahwa batu pandan lumut memiliki khasiat untuk menambah wibawa, meningkatkan derajat, bahkan ada yang menyebutkan bahwa pandan lumut adalah level tertinggi dari batu pandan. 

Kisah Seputar Batu Pandan Lumut

Ada rumor yang menyebutkan bahwa batu pandan lumut adalah salah batu yang dipercaya memiliki nilai jual sangat tinggi, setara dengan harga sawah. Konon, di suatu daerah di Jawa Barat, terutama di daerah Bekasi pedalaman lebih tepatnya di daerah Babelan sampai Ujungpangarengan(Cikarang-Bekasi), mengisahkan bahwa para orang kaya(juragan tanah) yang memiliki banyak lahan atau sawah garapan, akan memberikan batu pandan kapas kepada penduduk, terutama warga yang memiliki aktivitas menggarap sawah. 



Pandan Lumut, ciri pandan lumut, warna pandan lumut, harga pandan lumut, khasiat pandan lumut, kisah pandan lumut, batu akik pandan lumut, ciri batu akik pandan lumut, warna batu akik pandan lumut, khasiat batu akik pandan lumut, harga batu akik pandan lumut, kisah batu akik pandan lumut, akik pandan lumut, akik pandanlumut, hargaakik pandan, hargapandanlumut, pandanlumutasli, jenis pandan lumut, mitos pandan lumut, pandan warna hijau, batu pandan hijau, akik hijau, akik warna hijau, batu akik khas hijau, warna hijau akik

Batu pandan kapas tersebut harus dipakai oleh petani tersebut saat menggarap sawahnya, dengan harapan, ketika mereka memakainya, maka seiring dengan berjalannya waktu, batu pandan kapas tersebut bermetamorfosis dan berubah dari batu pandan kapas menjadi batu pandan lumut. Dan ketika benar-benar sudah berubah, konon sang juragan(tuan tanah yang memberikan pandan lumut tadi), akan meminta kembali batu tersebut, bahkan sang juragan rela menukar batu pandan kapas yang sudah menjadi pandan lumut itu dengan sebidang tanah garapan. 

Harga Pandan Lumut

Jika mengacu pada kisah diatas, tentu saja harga pandan lumut sangat tinggi, namun kembali lagi, itu hanyalah kisah, dan belum tentu dapat dipercaya kebenarannya. Bisa jadi kisah tersebut memang di bisikan dari mulut-ke-mulut dengan maksud untuk menaikkan harga batu pandan kapas, atau memang kisah tersebut benar-benar terjadi.

Terlepas dari semua itu, batu pandan lumut memang bisa dibilang memiliki harga yang cukup tinggi, mengingat keunikan dan keindahan warnanya. Dari beberapa sumber yang kami peroleh harga batu pandan lumut berkisar antara Rp 300.000 hingga jutaan rupiah.

Itulah sedikit informasi tentang batu Pandan Lumut, selain batu pandan lumut, Anda juga dapat membaca artikel kami sebelumnya tentang batu pandan sutra dan pandan suji. Bagaimana pendapat Anda tentang batu pandan lumut?, Apakah Anda tertarik untuk memillikinya?

0 Response to "Pandan Lumut, Batu Akik Warna Hijau Mempesona"