Tips Memilih Bahan Batu Akik Pandan yang Baik

Cara Merawat Akik Pandan - Bagaimana sih cara memilih bahan batu akik pandan yang baik? Seperti apa Ciri-ciri bahan pandan yang baik?. Pertanyaan ini mungkin sering muncul di benak para pencinta batu akik pandan. Karena selama ini kita mungkin hanya membeli batu akik pandan yang sudah jadi, alias batu pandan yang siap pakai. Namun ketika kita hendak membuat sendiri batu akik pandan, kita harus tahu tanda-tanda bahan batu akik pandan yang baik untuk dijadikan sebagai batu akik penghias cincin di jari manis kita. 

Seperti kita tahu bahwa batu akik pandan memang memiliki penggemar tersendiri, keindahan batu akik pandan sepertinya membuat batu asal Betawi ini menjadi salah satu batu idola warga Jakarta dan sekitarnya. Sobat pembaca caramerawatakikpandan.blgospot.com, tak bisa di pungkiri fenomena batu akik yang sedang melanda Indonesia membuat harga batu akik menjadi mahal, tak terkecuali batu akik pandan, batu dengan corak dan serat yang khas ini mengalami kenaikan harga juga, apalagi jika batu akik pandan yang sudah jadi. 

Untuk mengetahui Ciri-ciri bahan batu akik  pandan yang bagus memang tidak mudah, untuk itu kita harus pintar-pintar memilih bahan batu akik pandan yang baik supaya mendapatkan batu akik yang baik pula. Penghasil bahan batu akik pandan yang paling populer adalah Sungai Ciliwung, di sungai inilah banyak ditemukan Bongkahan Batu Pandan yang kemudian dijadikan batu akik dan di jual di pasaran. 
Tips, Trik, Cara, Metode, Pemilihan, Memilih, Menentukan, Mencari, Ciri-ciri, Tanda, Petunjuk, Batu Bahan, Bongkahan, rough, bahanpandan, yang baik, bagus, berkualitas, hebat, sempurna
Gambar Bongkahan Bahan Batu Pandan Nanas

Keindahan batu akik pandan bisa di dapatkan dari pemilihan bahan yang baik serta beberapa faktor lain, seperti Type Cutting atau Model Potongan batu pandan, serat-serat yang terdapat di batu pandan, pemilihan warna yang pas saat di bentuk menjadi batu akik, penggosokan atau pemolesan yang tepat dan juga perawatan / treatment yang diterapkan supaya batu pandan mengkilat.

Faktor-faktor tersebut tidak semuanya bisa didapatkan bersamaan, biasanya untuk langkah awal, kita harus memperhatikan faktor yang paling dominan, yakni Batu yang di gunakan sebagai Bahan, atau orang sering menyebutnya Bongkahan atau Batu Bahan pandan. Hal ini sangat penting, karena ketika kita sudah mendapatkan batu bahan pandan yang baik, maka besar kemungkinan, batu akik yang dihasilkan juga akan baik. begitupun sebaliknya. Bahan batu pandan yang jelek (kurang baik), saat dibentuk atau di olah menjadi akik pandan, hasilnya juga kurang maksimal.

Lalu bagaimana cara memilih Bahan batu pandan yang baik? Ini pertanyaan yang paling penting, karena kalau sobat pembaca caramerawatakikpandan.blogspot.com cari artikel ini di internet, maka sangat sedikit blog atau website yang mengupas tentang cara pemilihan bahan batu akik pandan yang baik, Bahkan bisa dibilang tidak ada sama sekali. Mengapa demikian? Mungkin karena batu akik pandan kurang banyak peminatnya, atau mungkin juga karena hanya sedikit orang yang tahu tentang pemilihan bahan batu pandan yang baik dan belum ada yang mengunggahnya di blog atau website mereka. 
Tips, Trik, Cara, Metode, Pemilihan, Memilih, Menentukan, Mencari, Ciri-ciri, Tanda, Petunjuk, Batu Bahan, Bongkahan, rough, bahanpandan, yang baik, bagus, berkualitas, hebat, sempurna
Gambar Bongkahan / Bahan Batu Pandan Biru Langit
Melihat hal ini admin tergerak untuk mengupasnya di blog ini. siapa tahu informasi atau tips cara memilih bahan batu akik pandan yang baik ini dapat bermanfaat serta sedikit banyak menambah informasi para pencinta akik pandan. Namun kembali lagi, apa yang akan admin share disini adalah hasil dari pengamatan admin sendiri dan mungkin saja masih banyak kekurangan. Untuk itu bagi sobat pembaca yang mungkin tahu lebih banyak atau lebih berpengalaman, bisa juga kasih saran atau pendapat melalui koment atau pun menghubungi admin caramerawatakikpandan.blogspot.com dan nanti akan admin muat (tambahkan) di blog ini.


Tips Memilih Bahan Batu Pandan yang Baik


Seperti pemilihan bahan batu akik pada umumnya, sebelum kita membuat batu akik, kita harus memilih bahan (rough / bongkahan) yang baik, terlepas dari batu akik apa yang akan dibuat. Beberapa kriteria atau ciri-ciri bahan batu akik yang baik berikut ini sedikit banyak bisa dijadikan wacana saat hendak memilih batu bahan pembuat akik.


Kekerasan Batu 

Tingkat kekerasan batu perlu di perhatikan saat hendak memilih bahan batu (bongkahan batu / rough) akik pandan yang baik, seperti kita tahu, meski pun bahan yang sama, namun kadang ada batu yang rapuh, hal ini bisa disebabkan karena kandungan kapur dalam batu yang masih tinggi, bisa juga oleh faktor lain, Tidak mudah memang untuk mengetahui kekerasan batu, karena di butuhkan alat pengukuran, yaitu skala mohs. Namun Anda bisa mencobanya dengan mengadu dengan batu lain, atau dengan menjatuhkannya ke benda padat lainnya. 


Gunakan Senter

Tentu sudah tahu maksudnya kan? yup, penggunaan senter adalah untuk mengetahui tingkat kekristalan batu, semakin bening atau mengkristal batu bahan tersebut, maka akan semakin bagus untuk dijadikan batu akik. Dan biasanya harganya juga berbeda, untuk bongkahan batu yang sudah banyak mengkristal, biasanya harganya akan semakin tinggi alias mahal.


Serat Batu

Pemiliihan serat atau urat pada batu bahan (bongkahan) yang akan dijadikan batu akik juga bisa dijadikan pertimbangan. Perhatikan apakah serat yang ada pada bongkahan batu pandan yang akan Anda buat sebagai akik itu sesuai dengan kriteria yang Anda cari, misalkan Anda mencari pandan sisik betik/betok, cobalah perhatikan sisiknya (seratnya). Untuk mengetahui tentang serat akik pandan, Anda dapat membaca artikel kami sebelumnya tentang Jenis-jenis Batu Akik Pandan Berdasarkan Motif Serat.


Style Batu

Hal ini juga perlu diperhatikan, karena diluaran sana banyak bongkahan batu akik yang menyerupai batu akik pandan, namun sebenarnya bukan batu pandan. Untuk mengetahui ciri-ciri yang tepat, Anda dapat membaca artikel sebelumnya tentang Ciri-ciri Batu Akik Pandan Sutra dan Pandan Suji.


Sertifikat Batu

What?? apa batu pandan ada sertifikatnya? hehehe.. mungkin karena batu pandan bukan tergolong batu yang sangat mahal, seperti batu mulia lainnya (ruby, topaz, zamrud dan batu mulia lainnya), bisa jadi tidak ada sertifikatnya. Kita tahu bahwa sertifikat batu diberikan untuk menguji keaslian batu, biasanya dikeluarkan oleh laboratorium gemologi. Dan juga sebagai acuan untuk menyatakan batu-batu mulia dengan kualitas bagus.


Menggunakan Feeling

Cara yang satu ini adalah cara yang paling gampang, kok begitu? yah..bagi para pencinta batu akik pandan bisa menggunakan cara ini, hehhee.. menggunakan feeling aja, untuk beberapa orang yang sudah terbiasa membuat batu akik pandan biasanya tahu bahan pandan yang baik. Karena terbiasa, jadi feelingnya udah jalan sendiri.

Itulah sedikit Tips Memilih Bahan Batu Pandan yang Baik, selain cara-cara diatas, mungkin masih banyak cara lain yang bisa diterapkan, dan kembali lagi. Tips ini adalah opini atau pendapat admin sendiri jadi mungkin masih banyak kekurangannya. Untuk itu, bila ada Sobat pembaca yang tahu lebih banyak tentang cara Memilih bahan batu akik pandan yang baik, bisa berbagi informasi kepada kami melalui kolom komentar. atau menghubungi admin melalui email. Oke sekian dulu tulisan dari admin, Semoga artikel singkat ini dapat menambah informasi Anda.

0 Response to "Tips Memilih Bahan Batu Akik Pandan yang Baik"