Pandan Kapas, Batu Akik Pandan yang Mengalami Perubahan Warna

Cara Merawat Akik Pandan - Batu Akik Pandan Kapas, tentu sudah tidak asing bagi para penggemar batu akik, terutama jenis batu akik pandan. Batu dengan tingkat kekerasan 7 skala moch ini adalah salah satu batu akik yang sangat di gemari. Batu pandan juga menjadi primadona masyarakat betawi. Anda dapat membaca mengenai jenis-jenis batu akik pandan menurut motif serat yang sudah kami kupas sebelumnya.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa batu akik pandan dapat berevolusi dan mengalami perubahan, baik dalam serat maupun warnanya. Meski demikian, proses perubahan batu akik pandan membutuhkan waktu yang cukup lama. Konon batu pandan kapas adalah bibit atau sumber dari batu akik pandan, dan dapat berubah warna sehingga menjadi batu akik pandan jenis lain(lebih tepatnya mengalami perubahan warna). Seperti kita tahu bahwa batu akik pandan memiliki beberapa warna, dan biasanya penamaan batu juga didasarkan dari warnanya.

Pandan kapas yang awalnya berwarna putih seperti warna kapas, dapat berevolusi dan mengalami perubahan menjadi kekuning-kuningan, atau biasa disebut juga dengan batu pandan nanas. Setelah batu pandan nanas, masih ada proses perubahan lagi menjadi kuning kemerahan, dan biasa juga disebut dengan batu pandan nanas merah.

Selain menjadi batu pandan nanas, pandan kapas juga dapat mengalami perubahan menjadi sedikit kehitaman, atau biasa disebut juga calon atau bakalan pandan oli.  Ada juga yang berubah warna menjadi hijau kehitaman menyerupai warna lumut, yang biasa disebut juga dengan batu pandan lumut. Ada juga yang berubah menjadi warna kebiru-biruan bahkan berwarna biru cerah seperti warna langit, dan disebut juga dengan batu pandan biru

Untuk mempermudah pemahaman Anda tentang perubahan atau evolusi dari warna batu pandan kapas, silahkan Anda lihat gambar perubahan batu pandan kapas berikut ini:


Pandan,kapas,evolusi,perubahan,warna,putih,nama,lumut,hijau,biru,langit,kuning,nanas,merah,oli,lumut,hitam,kuningkemerahan,kuningtua,coklatmuda,putihtua,putihmuda,asalusulpandan, kapas,comberan,hitampekat,hijau,hitam,pandan,rawat,pandan
Proses perubahan Batu Akik Pandan Kapas

Anda bisa melihat bahwa batu pandan kapas berevolusi atau mengalami perubahan warna, tentu saja tidak serta merta berubah, dibutuhkan perawatan yang tekun dan treatment untuk memelihara serta menjadikan batu akik pandan cepat tua, atau berubah warna.

Ada juga yang menyebutkan bahwa proses perubahan warna batu akik, secara alami disebabkan oleh kondisi alam dan letak atau lokasi batu pandan itu sendiri. Pandan kapas dipercaya adalah cikal bakal atau asal usul dari semua jenis batu pandan. 

Namun kembali lagi, ini hanya sekedar informasi yang admin ambil dari beberapa sumber di internet, dan untuk kebenarannya masih belum dapat dipastikan. Jadi terserah Anda, mau mempercayainya atau tidak. Tapi jika memang benar, tentu akan sangat menarik bukan?. 

Atau mungkin diantara Anda ada yang sudah pernah menyaksikan sendiri perubahan warna batu pandan kapas?. Kalau ada, silahkan berbagi kepada kami melalui kolom komentar, atau Anda juga dapat share pengalaman Anda kepada kami, untuk kami muat diblog ini. 

0 Response to "Pandan Kapas, Batu Akik Pandan yang Mengalami Perubahan Warna"