Pandan Ungu, Seperti Warna Lavender Apakah Ada?

Cara Merawat Akik Pandan - Benarkah ada batu pandan berwarna ungu? Lalu apakah bisa disebut juga dengan batu pandan lavender?. Jika mengupas tentang batu akik pandan, maka tak akan ada habisnya, karena batu yang satu ini memang cukup menyita perhatian penggemar batu akik. Seperti kita tahu bahwa pemberian nama batu akik biasanya didasarkan atas corak dominan atau warna yang ada pada batu akik tersebut. Begitu juga dengan penamaan pada batu akik pandan. Ambil contoh saja, batu pandan berwarna biru langit atau pandan biru laut, disebut juga pandan biru, sementara yang berwarna hijau dengan sedikit kehitaman, disebut juga pandan lumut, dan masih banyak lagi warna lainnya.

Selain dilihat dari warnanya ternyata batu pandan juga di golongkan kedalam beberapa jenis, biasanya penggolongan jenis-jenis batu akik pandan berdasarkan motif serat yang ada didalam batu pandan tersebut. Motif serat batu pandan memang unik, dan jika diperhatikan dengan seksama, maka bakalan menimbulkan decak kagum hehehe... (mungkin admin saja yang terkagum-kagum dengan batu akik pandan, karena menurut admin, emang indah banget sih). 

Beberapa waktu yang lalu ada yang kirim email ke admin, menanyakan tentang batu akik pandan ungu, atau disebut juga batu akik pandan lavender. Setelah membaca pertanyaan tersebut, admin mencoba mencari tahu, baik kepada para penggemar batu akik, juga kepada para penjual batu akik. Namun belum ada jawaban yang memuaskan, sebagian mengatakan bahwa batu pandan ungu atau pandan lavender itu tidak ada, mereka mengatakan bahwa kalau pun ada, warnanya bukan ungu tua, atau seperti batu lavender pada umumnya, tapi lebih mendekati warna biru kehitaman dengan semburat warna hitam, sehingga orang sering menyalah artikan dengan warna ungu. Padahal kata mereka itu adalah batu pandan oli.
Pandan Ungu, Seperti Warna Lavender Apakah Ada?, Pandan Lavender, batu akik pandan ungu, pandan biru laut, pandan laut, harga pandan laut, harga pandan ungu, pandan ungu tua, pandan ungu muda, pandan ungu hitam, pandan abu-abu, ciri pandan ungu,
Batu Akik Pandan Ungu  (sumber gambar: bukalapak.com)
Merasa belum puas dengan jawaban mereka, akhirnya admin mencari-cari di internet, dengan mengetikkan kata "Batu Akik Pandan Ungu atau Batu Pandan Lavender" dan kembali lagi, admin tak menemukan satu artikel pun yang mengupas tetang pandan Ungu. Admin hanya menemukan toko-toko Online yang khusus berjualan batu akik, yang memajang batu akik berwarna coklat kehitaman (mereka bilang itu ungu), dan menamakannya batu pandan lavender atau batu pandan ungu.

Toko-toko tersebut hanya menampilkan gambar batu pandan ungu saja, dan harga dari pandan ungu tersebut, tetapi tidak ada keterangan lain yang mengupas tentang batu pandan ungu, baik dari proses terbentuknya, cara mendapatkannya, atau pun daerah asal dari pandan ungu tersebut. 

Mengenai harga batu pandan ungu, dari beberapa situs jual-beli batu akik online yang admin kunjungi, batu pandan lavender atau pandan ungu memiliki harga berkisar antara Rp. 500.000 hingga jutaan rupiah. Sedangkan untuk manfaat atau khasiat batu pandan ungu, sebagian besar dari situs tersebut tidak menyebutkan sama sekali. Ada satu atau dua situs yang menuliskan bahwa batu pandan ungu berkhasiat untuk menentramkan, menambah aura kewibawaan dan juga ketenaran. 

Penonton kecewa, hehhehe... begitulah kata yang tepat untuk menggambarkan perasaan admin saat mencari tahu tentang batu pandan ungu. Rasa penasaran tentang keberadaan batu pandan ungu masih belum terjawab juga. Apakah batu pandan ungu memang tidak pernah ada? Atau mungkin memang ada tapi sangat jarang ditemukan, sehingga hanya sedikit sekali, bahkan belum ada yang bisa mengupasnya? 

Lepas dari semua itu, admin ingin sedikit berbagi pendapat tentang batu pandan ungu, kalau dilihat dari beberapa situs toko online yang menjual batu akik, khususnya pandan ungu, dan setelah admin melihat gambar yang dipajang ternyata tidak berwarna ungu tua, dan lebih cocok kalau disebut dengan warna awan, yaitu seperti warna awan yang mendung, lebih cenderung ke warna abu-abu tua. Admin mengambil sedikit kesimpulan, bahwa batu pandan ungu adalah batu yang sama dengan batu pandan Oli. 

Itu hanya pendapat sementara dari admin, dan ini adalah pendapat pribadi dan tidak dapat dijadikan patokan. Bagaimana dengan Anda? Apakah ada diantara Anda yang pernah mendengar tentang batu pandan Ungu? Jika ada, silahkan berbagi dengan kami. Kami tunggu ya... 

0 Response to "Pandan Ungu, Seperti Warna Lavender Apakah Ada?"