Tips Cutting Batu Pandan, Model atau Type Potongan Ideal Akik Pandan

Tips Cutting Batu Pandan, Model atau Type Potongan Ideal Akik Pandan - Punya bahan batu pandan dan bingung untuk menentukan model potongan yang cocok?. Untuk menentukan cuttingan atau potongan batu memang tidak bisa sembarangan, karena harus disesuaikan dengan karakter maupun jenis batu yang hendak di jadikan batu akik atau batu hiasan cincin.

Dalam dunia batu mulia atau batu akik memang dikenal beberapa istilah atau nama yang digunakan, salah satunya adalah cutting atau pemotongan batu, bisa juga bentuk potongan batu.  Dan ternyata cutting atau pemotongan batu berpengaruh besar terhadap keindahan batu, sebagai contoh saja, batu jenis Ruby atau yang sering dikenal juga dengan sebutan merah delima cutting atau pemotongan yang cocok adalah cutting faceted, yaitu potongan dengan banyak sudut dimana pada bagian atas datar. Cutting model ini dimaksudkan untuk membiaskan cahaya yang masuk sehingga kilau batu akan semakin kelihatan. 

Inti dari cutting atau bentuk potongan batu adalah agar batu akik yang kita bentuk akan terlihat indah dan menarik. Hal tersebut juga berlaku untuk batu pandan, seperti kita tahu bahwa ciri khas dari batu yang merupakan batu khas orang Betawi ini adalah dari Serat (baca jenis-jenis batu akik pandan berdasarkan motif serat), Sisik, dan cuttingannya. 

Pemilihan cutting yang tepat dapat menjadikan batu bahan (batu yang akan di bentuk menjadi akik) akan terlihat menarik. Untuk saat ini cuttingan pandan yang sedang hits atau populer adalah jenis cuttingan pandan Tulang Lindung. Sebagian besar, bahkan hampir seluruh batu pandan yang bagus menggunakan potongan model ini. Namun Anda juga bisa menggunakan model lainnya juga sih.. kembali lagi, ini soal selera.. hehee...
Tips Cutting Batu Pandan, Model atau Type Potongan Ideal Pandan, cara potong batu pandan, pilih bahan batu pandan, cara membentuk batu pandan, tips pembentukan batu pandan, memilih model potongan yg cocok utk batu pandan, pandan hitam, oli, lumut, merah, nanas, sisik naga, sisik betok, serat capung, serat kapas, serat benang, serat sutra, pandan laut, pandan hitam mahal, pandan ciliwung.
Fenomena Cat's Eye pada Batu Akik Pandan
Model cutting atau pemotongan batu akik pandan tulang lindung dimaksudkan agar bias cahaya yang masuk dapat dipantulkan atau terkumpul di tengah-tengah, sehingga di harapkan dapat membentuk satu garis (tali) / klep. Ada juga yang menyebutnya sebagai laser / neon / ngeprok / luster, atau istilah yang familiar adalah cat's eye (mata kucing - garis lurus dari atas kebawah tepat ditengah-tengah batu).

Sebagian mengatakan bahwa ciri khas batu pandan adalah model potongan tulang lindung, yaitu bentuk yang memancang dengan bagian yang runcing(lancip) di tengahnya, persis seperti bentuk tulang lindung. Namun belakangan banyak dijumpai batu akik pandan yang seharusnya tidak masuk ke potongan tulang lindung, tapi dipaksakan dibentuk tulang lindung, yah tentu saja dimaksudkan untuk mendapatkan indentitas bahwa batu akik yang dipakai tersebut adalah batu akik pandan. 

Namun perlu diketahui juga bahwa selain bentuk potongan tulang lindung, ada juga cuttingan model lain yaitu, cutting / bentuk kuburan cina, atau kuburan biasa. Dan kembali lagi, untuk kedua model ini juga harus melihat dari jenis bahan pandan yang akan di potong serta motif /serat/sisik yang terdapat pada batu pandan bahan tersebut. 


Seperti kita tahu bahwa batu pandan itu terbagi kedalam beberapa jenis, dan biasanya penggolongan atau penamaannya tersebut didasarkan pada motif sisik /serat yang terdapat pada batu akik pandan. 
Kali ini admin akan sedikit berbagi tips atau cara menentukan cutting / potongan batu yang ideal / tepat untuk batu pandan dilihat dari serat / sisiknya.

Untuk Batu Akik Pandan Kapas yang memiliki sisik betik / betok tidak harus menggunakan cutting tulang lindung, kita harus mempehatikan tingkat kerapatan sisik pada batu pandan tersebut, jika sisik / serat betok pecah / tidak rapat, atau jarang/terpisah-pisah bahkan ngacak, sebaiknya hindari pemotongan tulang lindung, karena untuk mendapatkan fenomena cat's eye dibutuhkan kristal batu yang tercipta dari kerapatan sisiknya.

Jika Anda masih ingin tetap menggunakan bentuk tulang lindung, pada batu pandan dengan serat yang tidak terlalu rapat, sebaiknya ujungnya jangan terlalu runcing, atau dibuat agak melebar sedikit, yah mungkin akan terlihat sedikit lebar garisnya, namun itu lebih baik daripada dipaksakan tulang lindung tapi tidak ada klep. Tujuan dibentuk agak melebar dibagian atas juga supaya terlihat lebih garang, (hehehe.. kata pengrajin akik sih). 

Untuk batu pandan sisik betok dengan serat rapat, tentu saja model tulang lindung sangat bagus untuk diterapkan, dan biasanya jika sisik betok yang rapat jika dibentuk meruncing dibagian atas akan mempunyai serat telur kodok atau serat salju, ini termasuk jenis yang langka, selain serat sutra. 

1 Response to "Tips Cutting Batu Pandan, Model atau Type Potongan Ideal Akik Pandan"