Warna-warna Batu Akik Pandan dan Filosofinya

Cara Merawat Akik Pandan - Bicara tentang batu akik pandan memang tidak pernah ada habisnya, batu akik yang menjadi primadona masyarakat Betawi ini memang sangat menarik untuk di koleksi, selain karena coraknya yang unik, juga warna-warna batu akik pandan juga sangat memikat. Dari sekian banyak warna yang terdapat pada batu pandan kapas, dipercaya bahwa warna-warna batu akik pandan kapas ini melambangkan karakter sang pemakai, atau secara filosofi pemilihan warna batu akik pandan sedikit banyak berpengaruh terhadap aura pemilik batu.

Terlepas dari benar dan tidaknya anggapan ini, memang tidak sedikit masyarakat yang percaya bahwa batu akik atau batu mulia memang memiliki aura tersendiri, dan dipercaya bahwa aura dari batu akik yang mereka miliki dapat mempengaruhi karakter sang pemilik. Ada yang menyebutnya bahwa batu akik pandan atau batu akik lainnya memiliki tuah atau kekuatan "gaib" yang percaya atau tidak percaya dapat digunakan untuk keperluan tertentu.


Warna-warna Batu Akik Pandan dan Filosofinya, Karakter batu pandan, pandan laut, pandankapas, pandan merah, pandan nanas, pandanlumut, pandan oli, pandan biru, pandan ungu, pandan sutra, pandan lavender, pandan aneka warna dan jenis

Pada kesempatan ini, kita akan sedikit mengupas tentang Warna-warna batu akik pandan dan filosofinya, atau bisa juga dibilang Karakteristik batu akik pandan berdasarkan warnanya. Seperti kita tahu bahwa batu akik pandan memiliki beberapa warna yang dominan, dan biasanya warna dari batu akik pandan tersebut menjadi sebutan atau panggilan. Seperti contohnya, batu akik pandan berwarna biru laut / biru langit sering disebut dengan nama batu pandan langit/laut. ada juga yang berwarna hijau seperti lumut, disebut pandan lumut. Dan masih banyak lagi warna lainnya.


Warna-warna Batu Akik Pandan dan Filosofinya


1. Pandan Kapas / Pandan Putih

Pandan kapas memiliki warna khas yaitu putih, batu ini dinamakan pandan kapas karena memiliki warna putih bersih menyerupai warna kapas. Keindahan warnya membuat batu ini memiliki tempat tersendiri dihati para penghoby batu pandan.

Batu akik pandan kapas dianggap sebagai cikal bakalnya batu akik pandan, pandan kapas dipercaya dapat bermetamorfosis atau berubah warna seiring dengan berjalannya waktu menjadi batu pandan dengan warna yang lainnya. Untuk mengetahui metamorfosis pandan kapas, silahkan artikel kami sebelumnya tentang perubahan warna batu pandan kapas

Secara filosofi, warna putih bersih pada batu pandan kapas melambangkan kebersihan hati atau kesucian, ibarat manusia yang baru terlahir ke dunia, yang belum mengenal emosi dan nafsu duniawi. Namun seiring berjalannya waktu, ia dapat berubah warna, dari putih menjadi merah, atau kuning dan warna lainnya; seperti manusia yang terbentuk dari lingkungannya, ketika bergaul dengan likungan pemalas, ia akan menjadi malas, bergaul dengan likungan penjahat pun menjadi jahat. Begitu pun sebaliknya, saat bergaul dengan orang yang baik-baik, ia pun menjadi baik. Batu akik pandan kapas dipercaya membawa aura positif bagi sang pemilik, 


2. Pandan Merah / Panda Merah Tua

Batu pandan merah adalah batu akik pandan yang memiliki corak atau warna dominan merah. Warna merah melambangkan keberanian, atau bisa juga identik dengan emosional. Makna dari arti kata berani itu sendiri cukup luas cakupannya, bisa berani karena memang menyukai tantangan, atau berani karena sedang emosi sehingga tidak bisa mengendalikan diri. 

Pandan merah mengajarkan kepada kita tentang arti kata berani, berani menerima kenyataan dan segala kepahitan hidup, atau pun masalah. Serta berani menghadapi segala kemungkinan, yang terjadi dalam hidup kita. Batu akik pandan merah dipercaya membawa aura keberanian bagi sang pemilik.


3. Pandan Nanas / Pandan Kuning

Batu akik pandan nanas adalah batu akik pandan yang memiliki warna dominan kuning, seperti warna buah nanas yang telah di kupas. Warna kuning sendiri dapat melambangkan glory atau kemenangan serta kemewahan, seperti warna emas yang melambangkan kekayaan atau kelimpahan harta. Kemenangan atau kekayaan ini dapat diartikan dalam dua kata, kemenangan dalam hal spiritual, seperti kepuasan batin, dan juga kemenangan atau kelimpahan harta dunia, yang mengacu pada kekayaan harta benda.

Warna pada pandan kuning atau pandan nanas mengungkapkan kepada kita untuk selalu bersyukur atas segala kenikmatan dunia, dan kenikmatan batiniah. Kenikmataan yang dapat diraih dengan bekerja keras dan terus berdoa, dan memanfaatkan kelimpahannya untuk membantu sesama. Batu pandan kapas dipercaya membawa aura kelimpahan atau kekayaan bagi sang pemilik.


4. Pandan Lumut / Pandan Hijau

Batu akik pandan lumut merupakan salah satu batu pandan yang memiliki warna dominan hijau tua, menyerupai warna lumut dengan sedikit kehitam-hitaman. Gampangny ngomong batu akik lumut mempunyai warna hijau semu hitam. Pandan lumut merupakan fase perubahan tahap akhir yang didambakan oleh para pencinta akik pandan, Ia merupakan tahap midle atau ditengah-tengah dan dibagian bawah dari batu pandan-pandan lainnya. 

Warna hijau kehitaman pandan lumut melambangkan fase pertengahan dari kehidupan manusia, ibarat kata semakin bertambahnya umur manusia maka diharapkan semakin bagus pula kualitas hidupnya di dunia. Semakin meningkat baik dari segi akhlak, tutur kata, perbuatan dan kehidupan sosialnya selama bergaul dengan manusia lainnya. 

Hijau semu hitam, hijau melambangkan kenyamanan dan ketentraman hati yang damai dalam menghadapi kehidupan, semu hitam mengibaratkan bahwa ia semakin berumur dan semakin peka terhadap segala pahit getir kehidupan. Batu akik pandan lumut dipercaya membawa aura kedamaian bagi sang pemilik.


5. Pandan Oli / Pandan Hitam Keabu-abuan

Batu akik pandan oli adalah batu akik pandan yang memiliki warna hitam keabu-abuan, menyerupai warna pada oli bekas, batu ini juga sering dikenal dengan sebutan batu comberan, karena ada beberapa varian dari batu panda oli yang mempunyai warna hitam keruh seperti warna air comberan(air buangan bekas saluran rumah tangga), atau warna air got.

Warna hitam keabu-abuan diibaratkan seperti warna awan yang berarak di atas langit senja, ia bergerak perlahan mengantarkan sang mentari pulang keperaduannya, meninggalkan siang yang panjang dan bersiap menyambut hadirnya malam. Keindahan senja hari memang selalu menarik perhatian kita, itulah gambaran yang terbias dari batu pandan oli, seperti manusia yang beranjak pulang kepadaNya, 

Pandan oli mengisyaratkan kepada kita untuk selalu ingat kepadaNya, kepada sang pencipta. Filosofi yang sangat dalam, Batu akik pandan oli dipercaya membawa aura kesadaran.


6. Pandan Biru / Pandan Langit / Pandan Laut

Batu akik pandan biru atau biasa juga disebut pandan langit, merupakan batu akik pandan yang mempunyai warna biru cerah seperti warna langit. Ada juga yang menyebutnya dengan panggilan pandan laut, karena dianggap menyerupai warna laut.

Warna biru pada pandan langit melambangkan keceriaan dan kemegahan, seperti hamparan langit yang luas, ia menyadarkan kita untuk selalu mengingat segala karunia yang diberikan sang pencipta kepada kita. Biru dapat diartikan pula seperti birunya laut, yaitu sumber air yang sangat luas, dan memberikan kesejukan bagi manusia. Batu akik pandan biru dipercaya membawa aura keceriaan bagi sang pemilik.


7. Pandan Ungu / Pandan Lavender

Batu akik pandan ungu atau biasa disebut juga dengan nama pandan lavender, merupakan batu akik pandan yang memiliki warna dominan ungu, tak banyak yang dapat diketahui tentang batu pandan ini. Namun sebagian ada yang menyebutnya juga dengan batu panda oli. Untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca artikel kami sebelumnya tentang pandan ungu.

Warna ungu merupakan warna yang melambangkan kestabilan, kalau dalam bahasa psikologi, warna ungu adalah warna yang sangat baik. Ia juga melambangkan warna indigo, yaitu warna yang berkaitan erat dengan dunia supranatural atau spiritual. Batu akik dengan warna ungu menggambarkan kestabilan pribadi dan ketenangan hati. Batu akik pandan ungu dipercaya membawa aura ketenangan batin bagi sang pemilik.


8. Pandan Sutra / Pandan Serat Halus

Batu akik pandan sutra merupakan salah satu jenis batu akik pandan dengan motif serat yang menawan, ia meliki pola atau motif yang sangat halus, seperti serat pada kain sutera. Batu pandan sutra dapat dikatakan juga sebagai batu pandan yang memiliki sejuta pesona, baik dari segi serat maupun segi kemewahan atau keanekaragaman motifnya.

Bila diibaratkan manusia, batu pandan sutera adalah manusia yang memiliki karakter unik dan berbeda dari batu pandan atau manusia lainnya, dan berani mempertahankan keunikan atau pun prinsip hidupnya.  Ia adalah sesuatu yang langka dan jarang, "Minoritas diantara mayoritas". Namun ia tidak mau membanggakan diri dan berkoar-koar untuk menunjukkan keunikannya tersebut. Karena tanpa berkata pun ia akan tetap dianggap idola bagi manusia-manusia atau batu pandan lainnya. Itulah sebabnya serat pandan kapas harus sejajar baik secara horizontal dari kiri kekanan atau pun sebaliknya. Seolah-olah ia berkata; "Aku akan mensejajarkan diriku dengan siapapun, tanpa memandang asal-usul, ras, agama atau pun bangsa mereka". Batu akik pandan sutra dipercaya membawa aura kesabaran bagi pemiliknya.


9. Pandan Aneka Warna dan Jenis 

Mengajarkan kepada kita untuk selalu melihat perbedaan sebagai hal yang wajar, karena perbedaan membuat dunia menjadi lebih indah. Perbedaan bukanlah hal yang akan membuat perpecahan, namun sebaliknya perbedaan adalah bukti bahwa setiap makluk di dunia ini unik, dan kita harus menghargai setiap perbedaan itu. Itulah filosofi yang di ajarkan oleh batu akik pandan kepada kita semua. 

Itulah uraian singkat mengenai warna-warna batu akik pandan dan filosifinya. Uraian diatas hanyalah opini atau pendapat dari admin sendiri, dan kembali lagi, namanya juga pendapat, jadi Anda boleh mempercayainya, atau tidak sama sekali. Namun setidaknya uraian singkat ini dapat memberikan gambaran tentang Karakteristik Batu Akik Pandan Berdasarkan Warnanya. Semoga bermanfaat.

2 Responses to "Warna-warna Batu Akik Pandan dan Filosofinya"

  1. Woooow mantap bang...isssssstiiiiiiiimeeeeewaaaaaaa....bhahahahahahah

    BalasHapus
  2. Woooow mantap bang...isssssstiiiiiiiimeeeeewaaaaaaa....bhahahahahahah

    BalasHapus